Selasa, 09 November 2010

Papan Kebahagiaan

PAPAN KEBAHAGIAAN

Dalam La tahzan karya 'Aidh al-Qarni diceritakan bahwa para 'Alim berkumpul. Mereka mendiskusikan kunci kebahagiaan dalam kehidupan. Setiap peserta yang hadir diharuskan membawa 3 papan yang berisi tulisan tentang kunci bahagia. Setelah itu papan dikumpulkan.
Setelah diskusi selesai mereka hanya membawa 3 buah papan:
  • Papan yang pertama bertuliskan "SEKARANG ADALAH HIDUPMU, SEKARANG ADALAH HIDUPMU". mereka sepakat bahwa seorang yang ingin bahagia harus melakukan yang terbaik hari ini. Karena sekaranglah manusia itu hidup. Dia tidak bisa kembali di masa lalu, diapun tidak bisa mendahului hidup ke masa depan. Masa lalu adalah history (sejarah), masa depan adalah mistery (misteri), dan hari ini adalah bless (anugerah)
  • Papan Kedua bertuliskan "PIKIRKANLAH dan BERSYUKURLAH". Kita diharuskan senantiasa berpikir hal-hal yang telah diberikan kepada kita dari ALLAH SWT. Hal ini supaya kita senantiasa bersyukur atas segala hal yang kita terima. Jika kita tidak bisa mensyukuri yang kecil, bagaimana kita mau mensyukuri yang besar??
  • Tertulis "JANGAN MARAH" pada papan terakhir. Sering kita tidak sadar bahwa kemarahan membawa kehilangan pada hal-hal yang positif, kehilangan hikmah dari sebuah peristiwa, bahkan kita tidak sadar bahwa kita telah dikendalikan oleh syetan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar