Minggu, 06 April 2014

Optimalisasi Pengalaman

Flow: The psychology of optimal experience

Pernahkah Anda bosan dengan kegiatan yang Anda lakukan. Atau Anda frustrasi dengan kegiatan yang Anda lakukan. Inginkah Anda merasakan kesenangan ketika melakukan kegiatan Anda.


Mihaly Csikszentmihalyi dalam bukunya Flow: The Psychology of Optimal Experience menerangkan bagaimana menjadikan kegiatan Anda suatu pengalaman yang benar-benar mengasyikan. Flow adalah suatu kondisi dimana ketika seseorang melakukan kegiatan dia sangat fokus dengan kegiatanya tersebut, dan akhirnya lupa dengan hal-hal lain.


Untuk mendapatkan Flow persyarat ini harus ada:
1) Ada goal dalam kegiatan yang Anda lakukan.
Buat tahapan-tahapan yang ingin dicapai untuk mencapai goal tersebut.

2) Suatu kegiatan yang dilakukan haruslah menantang.
Kegiatan yang memberikan tantangan artinya kegiatan ini jangan terlalu mudah(terlalu mudah akan membuat Anda bosan), dan juga kagiatan ini jangan terlalu susah(terlalu susah akan membut Anda frustrasi, karena tidak bisa menyelesaikanya).

3) Anda fokus di dalam menjalani kegiatan tersebut, sampai-sampai bisa lupa dengan hal lain.

4) Ada feedback dari kegiatan yang Anda lakukan.
Untuk mengetahui dimana Anda saat ini, atau apakah tujuan telah tercapai. Feedback ini sangat berguna untuk mengetahui perkembangan Anda untuk mencapai goal.

5) Untuk menyelesaikan kegiatan tersebut membutuhkan skill(keahlian).
Skill(keahlian) ini terus ditingkatkan untuk menyelesaikan kegiatan yang menantang tersebut.
Jadi bisa disimpulkan bahwa kesenangan dalam melakukan kegiatan bukan tergantung dari jenis/macam kegiatan yang Anda lakukan, tetapi bagaimana Anda melakukan kegiatan Anda. 
disalin dari www.bukuzu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar